Wednesday, January 29, 2014

Anak Muda Jaman Sekarang....Hadeehh...


Rabu, 29 Januari 2014, pukul 10.00 WIB

Pagi ini aku ditemani dengan secangkir fresh milk, sepiring nasi dengan 3 potong ayam goreng, laptop serta siaran NET. di TV. Bang Joe sudah berangkat kerja sejak jam 7 tadi. Bang Joe masuk kantor jam stengah 8, dan kebetulan apartmennya dekat dengan kantor, jadi tidak perlu terburu-buru untuk berangkat ke kantor

Setelah selesai sarapan, aku pun mengubek-ubek file-file yang ada di laptopku. Suatu ketika aku menemukan sebuah foto, tanggal 20 Desember 2013, dimana aku sedang berfoto bersama teman kuliahku Eni, di McDonald Jombor di Jalan Magelang, Yogyakarta. 

Saat itu kami datang ke McD jam 7 malam karena kami harus menyelesaikan tugas yang deadline-nya itu besok. Aku mengajak dia mengerjakan bareng di luar, karena kalo aku ngerjain tugas sendirian di kos, nanti ujung-ujungnya pasti ngantuk, dan tugas gak akan mungkin bisa selesai dengan kondisi aku tidur. Gak mungkin juga kan tanganku ini bisa mengetik keyboard laptop disaat aku tertidur lelap.

Dan rencananya juga pengen begadang, sehingga begadang itu akan lebih efektif kalo ada seseorang yang menemani. Dan si Eni pun mau-mau aja diajakin begadang. Tapi begadangnya untuk hal yang baik lho, ngerjain tugas. Bukan ngapa-ngapain :P

Jadilah kami berdua mengerjakan tugas tersebut di McD.  SAMPAI ESOK PAGI, sampai kami melenguh dan mendesah panjang, menandakan tugas selesai!

Tapi, inti ceritanya bermula di sini....

Jam 02.00 WIB (JAM 2 PAGI!!!)

Mataku masih cukup melek untuk mengetik di depan laptopku, sedangkan si Eni matanya sudah mulai meredup. Suasanya di McD saat itu sudah sepi, hanya ada kami berdua, mas dan mbak waiter dan penjaga counter McD (yaiyalah!!!) dan beberapa orang yang nongkrong di luar ruangan. 

"An, pulang yuk. Udah ngantuk banget nih. Aku gak mau tidur di sini...", sahut Eni dengan suara yang mendesah...sah...sah...sah...

"Jadi kamu mau tidur dimana? Di kamarku?"
"Eh, gilak!! Udah buruan!!"
Oke, kamu siap-siap aja dulu. Aku dikit lagi selesai kok...Sabar ya, say.....ur", balasku

Ketika aku masih mengetik di depan laptop dengan telinga tersumbat oleh headset namun aku tidak sedang memutar musik, datanglah 5 orang anak muda terdiri dari 2 betina dan 3 jantan, duduk di samping kanan kami berdua sejauh 15 jengkal (yang bener aja gue ngitung pake jengkal tangan!!). Aku lihat penampilan mereka, pasti borjuis-borjuis yang baru pulang clubbing nih. Mereka pasti orang Jakarta yang sok-sok gaul!!!
Aku masih serius mengetik, sedangkan Eni duduk di samping kiriku sambil meletakkan kepalanya di atas meja di depannya dan matanya merem. Aku gak tau apa yang sedang dia bayangkan pada saat itu, mungkin sesuatu yang bisa meningkatkan.....libido semangat esok pagi.

Suatu ketika, salah satu betina di samping kananku bilang begini:

"Eh, ada yang lagi ngerjain tugas nih. Masih jaman ngerjain tugas?? Kita dong, baru pulang clubbing", ucapnya kepada teman-temannya sambil tersenyum sinis.

"Well, elu pikir gue gak denger kata-kata elu? Ini kuping gue emang disumpel headset, tapi gak ada musiknya, jadi gue tau apa yang lo omongin ke gue", ucap gue DALAM HATI (dalam hati lho ya, bukan ngomong langsung di depan dia.

Akhirnya aku membangunkan Eni dan segera cabut dari tempat itu...

Pas saat si betina selesai ngomong kayak gitu ke aku dan Eni, rasanya aku ingin menampar pipinya saat itu juga. Tapi gak mungkin kan gue lakuin itu ke dia, secara pasti gak imbang lah kalo harus 5 lawan 2. Lagian gak ada gunanya juga gue ngelakuin hal itu ke dia. Gak ada esensinya, gak ada manfaatnya juga buat gue. 

Aku jadi miris dan kasihan melihat anak-anak muda zaman sekarang. Hidup di saat muda kayak gini kok malah dihabisin waktunya untuk hal yang tidak terlalu penting, seperti clubbing. Dari pernyataan si betina tadi seakan clubbing diposisikan menjadi prioritas utama dan menjadi hal yang dibanggakan, dibandingkan dengan mengerjakan tugas dan kuliah.

Tapi...aku juga heran sama mereka. Abis clubbing kok ujung-ujungnye ke McD sih? Gue pikir kalian bakalan ngadain "pesta lanjutan". Kan lumayan tuh, 3 jantan 2 betina. *ups*

Dan aku cerita hal ini ke Rudy. Dan ternyata tanggapan si Rudy seperti ini:

"Eh, aku ngerasa kok di Jogja ini makin rusak gara-gara anak-anak gaul Jakarta deh.", ucapnya

"Lho, kok bisa kamu menyimpulkan seperti itu?"

"Hmm...gak tau sih, feelingku aja sih An. Soalnya kalo penduduk asli Jogja atau yang udah lama tinggal di Jogja gitu, pasti kehidupannya gak macem-macem. Adem ayem, tentram, damai, dan anak-anaknya pasti baik-baik. Coba deh kamu liat teman-teman kita yang anak Jogja, atau anak-anak lainnya deh yang dari Jawa Tengah, Jawa Timur, Jawa Barat, bahkan anak-anak Sumatra pun masih cukup baik. Trus kamu bandingin dengan teman-teman kuliah kita yang dulu tinggal di Jakarta? Kamu lihat, pasti mereka kompaknya bareng sesama anak Jakarta juga. Yang gaul-gaul gitu, yang suka hangout sana sini. Ya aku lihat sih kalo mereka masih tergolong baik, tapi sok exclusive. Memang sih gak semuanya kayak gitu, tapi pada umumnya... Gak tau deh kalo anak-anak di jurusan lain atau di kampus lain, pasti lebih buruk daripada itu."

Mendengar pernyataan-pernyataan dari Rudy tersebut pun, aku agak sedikit setuju, dan tidak setuju juga. Aku belum bisa menyimpulkan secara gamblang, karena aku baru dua tahun lebih sedikit di Kota Gudeg Yogyakarta ini, dan masih belum tau banyak seluk beluk yang seperti itu di Jogja.

Tapi...aku sempat nanya-nanya sama teman kampusku yang asalnya dari Jogja, namanya Ricky. 

"Rick, aku mau nanya nih. Kamu kan orang Jogja nih. Kira-kira kalo kamu liat anak-anak muda yang ada di Jogja yang sekarang dibandingin yang dulu, gimana ya? Maksudnya, kehidupannya gitu?"

"Menurutku sih, sekarang ini Jogja udah makin macet iya. Mobil makin banyak, motor apa lagi. Biasanya yang motor dan mobil baru kan yang punya anak-anak muda perantauan yang kuliah di Jogja, dan tiap tahun pasti makin banyak. Kalo kehidupan di Jogja itu, lebih baik yang dulu daripada yang sekarang. Kalo dulu itu Jogja itu terkesan baik, anak-anak mudanya berprestasi, berkarya, berseni, gak banyak yang macem-macem deh. Tapi kan tiap tahun pasti makin banyak perantau, dan menurutku yang bikin Jogja makin rusak itu ya anak perantauan. Tapi gak semua anak rantau itu bikin Jogja rusak lho. Kalo aku liat sih, kebanyakan yang anak-anak Jakarta, Bandung, yang gaul-gaul gitu lah, yang borjuis-borjuis, anak-anak yang hobinya nongkrong sana sini, clubbing, minum-minum, dll. Kamu tahu kan, dulu yang dijulukin kota "seks" itu Bandung, sekarang itu ya Jogja."

Well, itu pendapat si Rick lho ya.

Ya tapi aku bisa memaklumi lah para anak-anak gaul Jakarta itu yang borjuis-borjuis. Biasa lah, RICH KIDS alias "anak-anak orang kaya". Kagak usah kuliah, kagak usah kerja juga nanti bakalan dapet duit.

Aku heran aja gitu sama rich kids jaman sekarang. Ada yang gak mau cepat-cepat lulus kuliah karena pengen bisa terus bareng sama pacarnya yang junior. Ada juga yang gak mau cepat-cepat lulus karena lebih enak kalo dapet duit dari orangtua terus. Dan parahnya ya itu, lebih mentingin clubbing daripada kuliah.

Please deh, rasanya gue pengen nampar pipi orang-orang yang punya prinsip kayak gitu. Pengen gue timpuk pake batubata plus colokin mata mereka satu persatu pake paku. Ayolah, kalian ini masih muda, masih banyak kok kebahagiaan yang bisa kalian dapatkan dengan tidak hanya clubbing. Kuliah itu seru kok. Enak lho kalo bisa kuliah serius dan cepat lulus, apalagi bisa cepat dapet kerja. Masa kalian gak mau sih bisa ngebanggain orang tua, saudara, teman-teman, dan orang-orang yang kalian sayangi? Paling enggak ya kalo emang misalnya kalian itu rich kids yang notabene nantinya gak perlu repot-repot nyari kerja dan bakalan punya dapat "warisan" dari orangtua kalian, setidaknya kalian lulus dulu deh!!

Tapi....tapi....tapi....gue kok jadi sok dewasa gitu ya? Haha. Ya udah sih, ngurus diri sendiri aja enggak becus kayak gini, udah sok ngurusin orang. Hahaha...

Please, wahai para anak muda Indonesia generasi penerus bangsa yang katanya "Agents of Change". MAKE YOUR PARENTS PROUD OF YOU!!
Cheers!!

No comments:

Post a Comment

YOU MIGHT ALSO LIKE: